Nama : I NYOMAN SUMARNA
Kelas : V/c
Alamat Blog : nyomanpijoan.wordpress.com
Jawaban soal-soal UJIAN SEMESTER SIMP :
1 . Layanan prima dalam bidang akademik yang bisa kita berikan kepada siswa, orang tua, dan stake holder beserta indikatornya adalah sebagai berikut :
1.1 Layanan prima yang saya berikan kepada siswa dalam bidang akademik dan
Indicator kepuasan mereka adalah sebagai berikut :
1.1.a.Layanan prima berupa pembel ajaran berbasis IT, dimana materi pelajaran,
khususnya materi adaptasi dan adopsi dari Negara-negara OECD (untuk SBI)
dan juga soal-soal untuk pengayaan materi, bisa diakses oleh para siswa dan
jawaban mereka bisa dikirim langsung ke e-mail saya, mengingat para siswa
di sekolah kami tinggal diasrama, dan lingkungan kami adalah HOT Spot Area
dimana saja mereka bisa mengakses baik siang maupun malam , karena
90 % mereka punya Lap-top dan kalaupun ada hambatan , mereka rata-rata
punya modem.
Indikator kepuasan siswa :
-Para siswa bisa belajar bukan saja dikelas, kapan saja dan dimana saja di-
lingkungan kampus SMA Titian Teras.Artinya para siswa bisa puas, karena
bisa belajar tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
-Siswa yang kreatif akan merasa diwadahi oleh sekolah.
1.1.b.Layanan Prima berupa pemberian informasi, kapan ujian formative (bulanan),
ujian tengah semester, dan ujian semester dilakukan. Disamping itu kalau ada
siswa remedial, bisa mengakses soal remedial di blog saya dan jawaban bisa
dikirim kapan saja(siang dan malam ) asal saja limit waktunya diberikan.
Indikator kepuasan siswa :
– Siswa merasa lebih siap menghadapi evalwasi
– Siswa merasa terlayani dengan adanya kemajuan IT
– Lap-top yang diberikan oleh orang tuanya bisa berdayaguna dan berhasil
guna
– Siswa bisa memberi kementar terhadap permasalahan yang di muat oleh
Guru pada blognya.
1.2.Layanan prima yang saya berikan kepada orang tua dalam bidang
Informasi akademik adalah :
– Nilai rapor bulanan putra-putri mereka bisa di akses di web sekolah.
– Nama-nama guru yang mengajar putra-putri mereka bisa akses di web
Sekolah kalau putra/putrinya ada hambatan dalam belajar bisa berkomunikasi lewat e-mail/ sms.
– Absensi putra-putri mereka dalam KBM dikelas bisa di diakses
Indikator kepuasan orang tua :
– Setiap saat orang tua bisa mengakses nilai rapor bulanan putra-putrinya,
sehingga siswa tidak boleh bohong kepada orang tuanya.
– Orang tua bisa menelpon guru, kalau puta-putrinya ada masalah dalam belajar.
– Siswa tidak boleh bohong kepada orang tua tentang kehadirannya dalam belajar dikelas.
1.3.Layanan prima kepada stake holder adalah tersedianya berbagai informasi
akademik yang disediakan oleh sekolah sehingga setiap saat diperlukan mereka
bisa mengaksesnya, sperti informasi tentang kalender akademik sekolah, jumlah
rombongan belajar, berapa jumlah kelas SBI yang dibiayaai oleh DIKNAS
propinsi jambi, pengecekan pembayaran uang sekolah , dsb, bisa diakses di web
sekolah.
Indikator kepuasan stake holder.
Mereka bisa mengakses informasi yang mereka butuhkan dari web sekolah,
Kalaupun ada yang belum jelas mereka bisa mengirim e-mail ke sekolah dan
Petugas bagian IT akan segera memberikan informasi yang dibutuhkan.
2.Untuk memberikan kepuasan yang maksimal kepada pengguna layanan sekolah
Dalam bidang akademik. Saya mengusulkan sebuah desain tentang sistim penjaminan
Mutu sekolah berupa Pembelajaran Berbasis IT.
Yang menjadi latar belakang adalah :
1. Sekolah sudah memegang label SBI
2. 90% siswa dari kelas X – XII sudah punya lap-top.
3. Hot-spot area di lingkungan sekolah, walaupun terkadang ada hambatan, siswa rata-rata punya modem.
4. Seluruh siswa tinggal di asrama, sehingga bisa terfokus pada peningkatan
kualitas dirinya, dengan memanfaatan internet secara maksimal.
5. Siswa mayoritas menguasai bahasa Inggris sehingga materi pelajaran dari berbagai bidang studi, bisa dibandingkan dengan soal-soal ujian Negara berkembang dan Negara maju (OECD),dan setiap saat bisa diakses..
Berdasar latar belakang tersebut diatas layanan akademik kepada siswa yang paling tepat adalah pembelajaran berbasis IT. Kepala sekolah harus mewajibkan kepada semua guru untuk punya e-mail dan blog,sehingga semua perangkat pembelajaran mulai dari program tahunan, program semester, RPP, SKL, materi adopsi, materi adaptasi dari berbagai Negara,soal ujian bulanan, soal ujian remedial, materi pengayaan, harus ada dalam blog guru., control dari kepala sekolah wajib dilakukan, sebab kalau tidak berarti ada celah guru untuk tidak melakukannya.Sebaliknya siswa juga wajib punya e-mail dan blog sehingga materi yang ada di blog gurunya bisa dipelajari duluan, karena persaingan yang sangat kompetitif untuk meningkatkan dirinya akan sangat besar terjadi pada siswa.Dengan pelayanan akademik yang standar berarti arah ke peningkatan mutu pendidikan suatu sekolah pasti bisa tercapai Insya Allah.
3 .Pengembangan sistim imformasi kesiswaan bertitik tolak dari pasal 7 ayat 2 dan3 Undang- Undang KIP adalah sebagai berikut : Rancangbangun SIMP tentang kesiswaan pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang kesiswaan itu didesain dan dibangun.
Data-data tersebut umumnya terdiri atas Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar, Jumlah siswa baru yang diterima dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan juga penelusuran tentang kelulusannya; tentang berapa jumlah siswa yang telah bekerja, sebagai PNS, Pegawai Swasta, Wiraswasta, melanjutkan belajar , belum bekerja maupun yang tidak diketahui.
Semua data tersebut kemudian dihitung, diolah, dikelompokkan dan selanjutnya dianalisis. Setelah melalui proses pengolahan informasi tersebut data tersebut dapat disajikan kepada pimpinan sekolah, dinas pendidikan, masyarakat/publik, sebagai bahan bagi mereka dalam mengambil keputusan pendidikan.
Penyajian atau publikasi data yang telah menjadi informasi tersebut dapat dilakukan dengan cara; manual (paper) maupun dengan teknologi informasi (audio, visual maupun jaringan/ Website sekolah).Berikut ini 2 contoh table informasi tentang kesiswaan sbb :
1. Contoh Tabel informasi tentang Jumlah Siswa dan rombongan belajar SMA Titian Teras
Semester genap tahun pelajaran 2010/2011
No. | Jenis Kelas | Kelas dan Jumlah | Jumlah | ||||||
Kelas X | Kelas XI | Kelas XII | Rombel | Siswa | |||||
Rombel | Siswa | Rombel | Siswa | Rombel | Siswa | ||||
1. | Reguler | 6 | 180 | 5 | 166 | 5 | 159 | 16 | 505 |
2. | SBI Propinsi | 0 | 0 | 1 | 24 | 1 | 24 | 2 | 48 |
2. Contoh Tabel informasi tentang penelusuran lulusan SMA Titian Teras
Tahun pelajaran 2009/2010
NO | TAHUN | AKTIVITAS TAMATAN/ | JUMLAH
LULUSAN/31 Desember 2010 |
|||
KELULUSAN | LULUSAN | (183 orang ) | ||||
Jml | ||||||
1 | 2009/2010 | 1. PNS | 0 | |||
2. Pegawai Swasta | 0 | |||||
3. Wiraswasta | 0 | |||||
4. Melanjutkan Belajar | 179 | |||||
5. Belum melanjutkan | 4 | |||||
6. Tidak diketahu | 0 |
********** THE END *********